Dr. Syarif Fasya: Lulusan Vokasi (Politeknik) Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja

PoljamNews: “Lulusan pendidikan vokasi mempunyai keuntungan bisa memilih terjun menjadi profesional maupun berwirausaha,” demikian disampaikan Dr. Syarif Fasya, M.E. pada seminar Prospek Lulusan Perguruan Tinggi yang diadakan di Hotel Duta, Jambi 3/5/2018, yang dibuka oleh Pembantu Direktur I Politeknik Jambi, Darmuji, M.Pd. Menurutnya, lulusan pendidikan vokasi sangat dibutuhkan oleh pasar kerja karena berkeahlian terapan yang melek teknologi luwes dan terampil. Berbeda dengan pendidikan akademis lainnya, pendidikan vokasi dituntut untuk mengembangkan kearifan lokal, memenuhi standar nasional pendidikan serta selaras dengan kebutuhan karakteristik Indonesia. “Sangat jarang alumni vokasi menganggur, kalaupun menganggur itu biasanya karena memilih jenis dan tempat pekerjaan,” katanya.

Fasya juga memaparkan pengalaman pribadi mulai dari masa kecil hingga dipercaya memimpin Kota Jambi.  Ternyata, Fasya adalah merupakan alumni Politeknik dan itu yang mengantarkan dirinya menjadi profesional, wirausaha dan akhirnya kepala daerah yang berhasil. “Politeknik mengajarkan kedisiplinan kepada saya sehingga saya bisa menjadi seorang profesional, wirausahawan yang berhasil dan ingin mengabdikan diri kepada masyarakat dengan memasuki dunia politik seperti saat ini,” paparnya.

“Saya menempuh pendidikan di empat perguruan tinggi yang berbeda dan semuanya lulus. Setelah saya menyelesaikan Politeknik saya mulai bekerja sebagai profesional. Dari profesional beralih menjadi seorang wirausahawan. Ketika menjadi seorang wirausahawan saya melanjutkan kuliah ke S1 bidang manajemen dan S2 bidang studi pembangunan. Ketika saya menjabat walikota, saya melanjutkan S3 di Intitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan berhasil saya selesaikan dengan baik,” lanjut Fasya kelahiran Palembang dari keluarga miskin. “Alumni Politeknik mempunyai kelebihan karena bisa lebih cepat bekerja dan bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,” lanjutnya.

Seminar yang mengusung tema Kebutuhan Dunia Kerja Terhadap Lulusan Pendidikan Vokasi selain menghadirkan pembicara Dr. Syarif Fasya, M.E., calon Walikota Jambi pertahana juga menghadirkan Reza Fahlevi, A.Md., alumni Politeknik Jambi angkatan tahun 2012 yang sukses berkarir di Jepang. Acara dihadiri oleh hampir seluruh civitas akademika Politeknik Jambi sehingga ruangan yang disediakan penuh karena tidak ada bangku yang kosong.

Reza Fahlevi, adalah satu dari banyak alumni Politeknik Jambi yang telah berhasil berkarier di dunia kerja atau berwirausaha. Dalam seminar ini Reza memotivasi adik-adiknya agar giat belajar dan mempunyai semangat untuk berkreasi. Berbagai tip dan trik agar lolos tes untuk bekerja di Jepang Reza paparkan. Selama menjadi mahasiswa Politeknik Jambi, Reza adalah mahasiswa yang kreatif, bahkan hasil kreasinya  saat ini bisa dilihat di museum Gentala Arasy berupa foto-foto unik yang dipajang di dalamnya. (WD).

 

Layanan Online

-

Lokasi Kampus

Video