PoljamNews: “Di usia yang ke-13 Politeknik Jambi mempunyai harapan besar untuk maju karena didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang masih muda-muda, mempunyai daya juang tinggi dan kompak,” kata Novarini,M.T.  Pembantu Direktur I Politeknik Jambi mengutip ungkapan asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang melaksanakan visitasi dalam rangka Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) di Politeknik Jambi.
 
Akreditasi dilaksanakan pada tanggal 5-7 September 2017 oleh 2 (dua) asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Prof. Dr. Bambang Rusdiarso,D.E.A. Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dari Universitas Gadjah Mada dan Prof. Dr. dr. Alimin Maidin,M.P.H. Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.
 
Akreditasi adalah merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan tinggi oleh pihak di luar lembaga yang independen, kata Darmuji,M.Pd. Pembantu Direktur I Politeknik Jambi yang mewakili Ir. Hilda Porawati,M.T. Direktur Politeknik Jambi yang sedang berhalangan dan berada di luar negeri. Akreditasi juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja, lanjutnya.
 
Dijelaskan bahwa akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi.
 
Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi itu sendiri adalah merupakan sebuah proses penilaian terhadap institusi secara keseluruhan yang didasarkan pada standar akreditasi yang telah ditetapkan BAN-PT. Akreditasi dilakukan kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang bertujuan untuk mengetahui komitmen institusi terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemen dari perguruan tinggi itu sendiri. 
 
Institusi BAN-PT adalah sebuah lembaga yang diberi kewenangan oleh pemerintah untuk mengevaluasi dan menilai serta meningkatkan status dan peringkat mutu institusi perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Dengan akreditasi, perguruan tinggi memberikan jaminan telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan. Hasil dari akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana serta pengakuan dari badan atau instansi lain. 
 
Bagi Politeknik Jambi, AIPT secara umum menunjukkan bahwa Politeknik Jambi telah memenuhi standar penjamin mutu dari DIKTI dan secara khusus akan meningkatkan nilai jual dari Poljam, demikian menurut  Hilda Porawati menambahkan melalui surel (email) yang dikirimkan dari Cina. (WD)

Berita

Layanan Online

-

Lokasi Kampus

Video